Pengobatan Stroke

Selain terapi fisik penderita stroke juga masih perlu menggunakan obat-obatan tertentu untuk membantu mempercepat proses pemulihan dari stroke. pad penderita stroke sering mengalami kekakuan (spastisitas) pada sendi-sendi lengan ataupun tungkai. Spastisitas pada penderita stroke memiliki pola-pola tertentu yang spesifik. Kekakuan inilah yang menyebabkan penderita kesulitan untuk berjalan, duduk apalagi makan dan minum atau memegang sesuatu. Sebelum diberikan obat-obatan ini dokter Anda akan menjelaskan secara rinci mengenai manfaat, risiko dan efek samping dari masing-masing obat.

Ada berbagai macam obat-obatan untuk mengurangi kekakuan ini. Namun, hanya ada empat obat oral yang sudah disetujui penggunaannya oleh US FDA (United States Food and Drug Administration): Baclofen, Tizanidine, Dantrolene sodium dan Diazepam.

a. Baclofen

Baclofen merupakan β-4-chlorophenyl GABA, yang terikat dan mengaktifkan reseptor GABA bicuculline. Baclofen digunakan secara oral untuk mengurangi kekakuan terutama untuk tungkai bawah dan kurang efektif untuk kekakuan lengan. Dokter biasanya akan mulai meresepkan mulai dari 5 mg.

B. Tizanidine

Tizanidine merupakan derivat imidazol dan terikat dengan reseptor. Penggunaan tizanidine selain mengurangi kekakuan, juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Dokter Anda akan meresepkan mulai dari 2-4 mg dosis tunggal sebelum tidur yang kemudian dapat ditingkatkan secara perlahan, maksimal hingga 36 mg perhari. Tidak boleh diberikan kepada penderita dengan gangguna hati berat.

C. Dantrolene sodium

Dantrolene sodium merupakan derivate hidantoin yang bekerja dengan cara mengurangi kontraksi dari otot-otot. Merupakan obat pilihan anti-spatisitas untuk stroke. Obat diberikan dengan dosis 25 mg hingga mencapai 100 mg, 4x sehari. Efek samping yang serius adalah kerusakan hati bila digunkan dalam dosis besar dan dalam waktu yang lama.

D. Diazepam

Diazepam merupakan obat golongan benzodiazepine. Sering disebut obat penenang. Diazepam memiliki efek relaksasi pada otot, dan diberikan dengan dosis tunggal 5 mg, ditingkatkan secara bertahap. Efek samping minimal.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Stroke dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pengobatan Stroke and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>