Pemeriksaan Stroke

Pemeriksaan Stroke yang harus saya jalani selama diagnosis stroke?

Banyak sekali rangkaian tes dan pemeriksaan akan anda jalani sebagai lanjutan dari pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik.Selain tes darah,anda mungkin  perlu jadwal tes khusus atau prosedur untuk memeriksa otak anda,jantung atau pembuluh darah.

Pemeriksaan Rutin:

X-ray dada (CXR)

x-ray dari jantung dan paru-paru adalah tes standar untuk pasien dengan masalah medis akut.Kelainan dapat memberitahukan dokter untuk masalah penting seperti pneumonia atau aggal ginjal.

Urinalisis (UA)

Sampel urin sering diperlukan untuk mengetahui infeksi kandung kemih atau masalah ginjal.Jika ditemukan infeksi,tes kultur urin mungkin diperlukan.

Pulsa Oksimetri(Oksigen  Darah)

Ini tes yang tidak menyakitkan yang kadang-kadang dilakukan diruang gawat darurat atau rumah sakit untuk menentukan apakah darah anda cukup oksigen dari paru-paru.Sebuah kabel kecil dengan lampu merah biasanya dilekatkan pada suatu jari.

Tes untuk melihat kondisi otak, Tengkorak dan urat  saraf tulang Belakang:

CT-Scan

Untuk membantu menentukan penyebab dari Penyakit Stroke,tes sinar-X  khusus yang disebut CT-Scan otak sering dilakukan.Aneurisma,perdarahan,atau pembuluh abnormal dalam otak.CT-Scan digunakan untuk mencari perdarahan atau massa didalam otak yang dapat menyebabkan gejala yang menyerupai Stroke,tetapi tidak diobati dengan terapi trombolitik dengan TPA.

MRI (Magnetic Resonance Imaging)

MRI Menggunakan gelombang magnetik untuk gambar otak.Gambar MRI jauh lebih rinci daripada yang dari CT-Scan,Namun karena lamanya waktu untuk melakukan tes dan kurangnya ketersediaan mesin banyak dirumah sakit,tes ini bukan prioritas utama pada stroke.Sementara CT-Scan mungkin diselesaikan dalam waktu beberapa menit,MRI dapat berlangsung lebih dari satu jam.MRI dapat dilakukan kemudian untuk membuat keputusan medis yang lebih jauh.Orang dengan perangkat medis tertentu,Misalnya alat pacu jantung atau logam dalam tubuh mereka,tidak dapat dikenakan medan magnet kuat dari MRI.

Pemeriksaan Stroke dan Tes untuk melihat kondisi pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen otak:

  • MRA(Magnetic Resonance Angiogram)

Metode ini dari teknologi MRI adalah prosedur yang disebut MRA.Teknik ini dapat mendeteksi kelainan aliran darah ke suatu bagian dari otak dengan kelebihan cepat,sedangkan MRI Konvensional mungkin tidak dapat mendeteksi stroke hingga enam jam setelah itu dimulai,CT-Scan kadang tidak bisa mendeteksi 12 sampai    24 jam.sekali lagi,ini bukan tes utama yang harus segera dilakukan.

  • Doppler Karotis(Dupleks karotis,USG karotis)

Gelombang Ultrasound tidak menyakitkan dipakai untuk mengambil gambar dari arteri karotid di leher,dan untuk menunjukkan darah mengalir ke otak anda.Tes ini dapat menunjukkan apakah arteri karotid anda dipersempit oleh arteriosklerosis (deposisi kolesterol).

  • Transkranial Doppler (TCD)

Gelombang Ultrasound digunakan untuk mengukur aliran darah dibeberapa arteri didalam otak anda.

  • Angiografi

Menggunkan pewarna yang disuntikkan kedalam vena di lengan,gambar dari pembuluh darah di otak dapat memberikan informasi tenteng aneurisma atau malformasi arteriovenosa.Selain itu kelainan lain dari darah otak mungkin dapat dievaluasi.Dengan mesin lebih cepat dan teknologi yang lebih jauh baik,CT-Angiografi dapat dilakukan pada waktu yang sama dengan CT-Scan awal untuk mencari bekuan darah dalam arteri di otak.CT dan gambar MRI sering embutuhkan ahli radiologi untuk menginterpresentasikan hasilnya.

  • Angiogram Konvensional

Angiogram adalah tes lain yang kadang-kadang digunakan untuk melihat pembuluh darah.Sebuah tabung kateter panjang dimasukkan ke arteri di paha atau lengan dan berulir ke dalam arteri otak.Pewarna disuntikkan sedangkan X-ray diambil dan informasi dapat diperoleh tentan aliran darah di otak. Keputusan untuk melakukan CT Angiografi konvensional dibandingkan angiografi tergantung pada situasi spesifik pasien dan kemampuan teknis dari rumah sakit.

Tes untuk melihat kondisi jantung :

  • Elektrokardiogram (EKG,EKG)

Ini adalah tes standar untuk menunjukkan pola aktivitas listrik jantung anda.Kabel-kabel listrik dilekatkan pada lengan,dada dan kaki.Kadang-kadang EKG dicatat terus-menerus selama beberapa hari dengan sinyal yang dikirim ke perekam portable (Holter monitor) atau dengan radio ke stasiun pemantauan rumah sakit (Telemetri).

  • Ekokardiogram (2-D gema,gema jantung,TTE,TTE)

Gelombang ultrasound tidak menyaikitkan ini dipakai untuk mengambil gambar dari jantung dan sirkulasi darah.Alat USG dapat ditempatkan pada dada anda (Trans-toraks,ekokardiogram,TTE) atau jauh di dalam tenggorokan anda (trans-esofagus ekokardiogram,TTE).

 

Tes Neurologis lainnya:

  • Electroencephalogram(EEG)

EEG mengukur gelombang otak anda melalui beberapa kejutan listrik tanpa rasa sakit yang dilekatkan pada kepala anda.EEG Tidak secara rutin digunakan untuk diagnosis Penyakit Stroke,tetapi akan dilakukan jika dokter berpikir bahwa anda kemungkinan bisa mengalami kejang.

  • Lumbar puncture (LP,Spinal tap)

Sebuah jarum dimasukkan ke dalam punggung bagian bahwa untuk mendapakan sampel cairan serebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.LP tidak secara rutin digunakan untuk diagnosis stroke iskemik.Namun,LP sering diperlukan jika diduga terjadi subarachnoid hemorrhage (Perdarahan dari aneurisma serebrall).LP juga mungkin diperlukan jika doktermencurigai infeksi sietem saraf (Seperti meningitis) atau peradangan.

  • Elektromiogra /kondisi saraf tes(EMG/NCV)

Tes ini digunakan untuk diagnosis stroke,tetapi mungkin diperlukan jika dokter mencurigai ada masalah denag sistem saraf-saraf di lengan atau dikaki.

  • Biopsi Otak

Pemeriksaan Stroke Ini adalah prosedur pembedahan dimana sepotong kecil dari otak diambil untuk pemeriksaan mikroskopik.Biopsi digunakan untuk mendiagnosis lesi(Seperti tumor) yang tidak dapat diidentifikasi oleh CT atau MRI  Scan.Hal ini sangat jarang diguanakan untuk diagnosis stroke,ketika ddiduga terjadi vaskulitis serebal.


=====================================

>>>Obat Stroke Herbal Untuk Mengobati Penyakit Stroke dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pengobatan Stroke and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.